Pada 14 Oktober 2022 sekitar pukul 7 malam waktu Korea Selatan, seseorang dibalik akun Twitter anonim yang diduga mantan pacar dengan kewarganegaraan Jepang member ONEUS RAVN (Nama asli: Kim Youngjo) mengungkapkan bahwa sang idol telah melakukan gaslighting setelah kepergok selingkuh olehnya. OP tidak hanya menceritakan bagaimana mereka bertemu dan akhirnya berpisah, ia juga merilis beberapa foto dan video bukti hubungan mereka, bukti perselingkuhan, beserta potongan rekaman suara yang diyakini milik Ravn.

Berikut detailnya:
Oppa, halo! Sepertinya kamu sampai akhir memandangku rendah karena aku sangat baik dan sangat-sangat menyukaimu. Tapi berhubung sudah sampai sini, aku akhirnya juga menyerah. Oleh karena itu, di akhir (hubungan kita) aku bertanya apakah kamu tidak menyesal, tapi ternyata kamu malah melarikan diri dengan cemen. Karena aku sudah tidak ada kamu pasti sangat bahagia dengan ㅇㅎㅇ kan? iPad yang kamu bilang ingin kamu berikan kepadaku? Ah, buket bunga juga! Katamu juga akan memberikan langganan Disney+ ? Kamu juga bilang tentang perjalanan akan memberikan hotel bagus dan mengajak liburan bersama? Aku menunggu padahal, kapan ya kamu akan memberikannya? kk oh iya. Apakah kamu sudah puas karena telah memberikannya ke ㅇㅎㅇ? Tapi dengan begitu artinya kamu habis di sini. Kamu salah mengusik orang.

Jika ditanya bagaimana kita bisa bertemu, kita bertemu pada tahun 2020 saat schedule Jepang ONEUS. Hari itu setelah memesan tempat minum di hotel, dia memberiku banyak alkohol lalu membawaku untuk melakukan hubungan intim dalam kondisi tak sadarkan diri. Wah saat itu aku tidak membayangkan cerita ini akan berlanjut hingga 2 tahun...
Tapi apakah kamu tidak tahu kalau aku juga tahu bahwa kamu juga tidur dengan perempuan Jepang lain sebelum bertemu denganku? Karena kamu menghubungiku terus untuk bertemu, akhirnya aku menemuimu. Tapi saat itu karena ketahuan oleh para staff dan manager, aku dikurung di lemari baju kecil setidaknya selama sejam...
Pada sekitar masa itu juga, saat aku bisa pergi ke Korea, karena kamu ingin menemuiku setiap hari jadi kamu memanggilku untuk datang ke dekat perusahaan.

Karena CORONA mulai menyebar jadi kita tidak bisa terus pulang pergi, tetapi kamu terus menghubungiku. Sejak saat itu kamu sering bilang "aku merindukanmu hingga gila", "aku suka kamu", "ayo bertemu"... Tapi setelah aku tahu, berdasarkan orang-orang sekitar ㅇㅎㅇ kalian mulai berkencan akhir 2020. Kamu sangat hebat berselingkuh dalam waktu yang begitu lama... Karena kamu tidak bisa menemuiku yang berada di Jepang, jadi kamu menemui gadis lain di Korea yang sesuai seleramu kan kk
Kamu sangat terkenal akan aktivitasmu dihentikan sementara karena masalah perempuan sesaat setelah melakukan debut. Kamu tahu sendiri kamu terus mengirim naver mail melalui iPad karena tidak punya HP kan? Jadi kalau tidak itu sekitar bulan Juli 2020 apa ya? karena kamu sudah punya HP kamu menghubugi melalui kakaotalk, mengirim selca~ dan melakukan video call~
Ah tapi yang lucu adalah setelah berpacaran, beberapa saat setelahnya kamu menulis nama samaran sebagai "Kim Jihoon". Apakah sebegitu ingin bermainnya dirimu?

Juga, setelah berhubungan selama kurang lebih 2 tahun, aku mulai berpacaran denganmu tahun ini setelah aku bisa datang ke Korea. Tetapi, bahkan saat kita bertemu, kita tidak menggunakan motel melainkan rumahku dan karena saat kita makan di rumah kalau menggunakan kartumu akan ketahuan perusahaan, jadinya aku yang membayar. Bahkan saat kamu akan pergi dari rumah, kamu terus tidur sampai akhir dan menyuruhku untuk memesankan atau memanggil taksi.
Saat kita berpacaran, kamu bohong dengan mengatakan ingin tidur lebih dahulu karena lelah, tapi ternyata kamu minum-minum dengan perempuan di lounge jam 2 pagi? Ah kamu melarangku untuk pergi ke club tapi kamu diam-diam pergi, berbicara dengan perempuan dan memberitahu akun instagrammu kk
Saat aku memergokimu saat itu, kamu benar-benar tak berkutik/putus asa dan ribut? Kamu bisa memutus perempuan lain katamu? Kamu bilang untuk mengampunimu karena temanmu yang merencanakan pertemuan sembari berlutut dan beralasan. Tetapi pada akhirnya kamu tidak melakukannya (memutus hubungan) sama sekali. Ah jika kamu bilang kamu akan memutus hubungan dengan semua perempuan, artinya ㅇㅎㅇ juga perempuab yang akan diputus hubungannya... ah saat itu juga karena kamu terkonfirmasi COVID jadi kamu karantina di rumah orangtuamu, tapi kamu malah pergi keluar atau bahkan menemuiku. Tentu saja. Sebelum itu, bahkan saat dirimu sendiri tahu kalau kamu positif COVID, sebelum kamu pergi ke hotel karantina yang disiapkan perusahaan, kamu mampir dulu ke rumahku.

Ah juga, ngomong-ngomong tentang teman idol perempuan yang membeberkan ini, kamu selalu bilang kalau kamu tidak memercayainya karena dia ini lemes (ember). Di tempat minum kamu juga menyumpahinya dan bilang kalau dia bukan temanmu. Padahal kalian sedekat hubungan makan bersama berdua, dia pasti sakit hati...
Oh iya. Apakah kamu tahu apa yang idol satu generasi katakan tentang kalian? "Benar-benar memalukan bagaimana seseorang tidak bisa memperlakukan perempuan dengan baik karena selalu sibuk dan tidak punya waktu, padahal mereka juga tidak sesukses itu "tetapi begitu rajin ke tempat minum, apakah orang itu tidak punya harga diri?" Wah.. kamu mendengar itu disaat mengencaniku, tetapi baru sekarang kamu merasa malu? Katanya seorang junior(hoobae) bahakan terus mengatakan, "sekarang aku benci mendengar nama hyung itu". Aku bertanya-tanya bagaimana kamu menjalani hidupmu sebenarnya. Apakah semua orang begitu(padamu)?? Ternyata orang-orang di sekitarmu juga sekarang mengatakan kalau kamu tidak masuk akal.
Ah, aku tidak bermaksud melakukannya tetapi aku juga dengar dari seseorang yang bekerja sama dengamu? Maaf. Ternyata aku punya jangkauan kaki yang lebih luas dari yang kau bayangkan, bukan? Tapi apa boleh buat, semuanya kan memang kelakuanmu.

Pada suatu hari kamu tiba-tiba bilang kalau sekarang kamu lelah, tidak bisa melanjutkannya, dan memutuskan secara sepihak. Tapi karena sangat tiba-tiba jadi aku tidak paham dan bilang untuk rehat selama sebulan. Mungkin mulai saat itu ㅇㅎㅇ menyuruhmu untuk membereskan urusan wanita dan gosip di sekitar ㅇㅎㅇ yang mengatakan bahwa "Ada orang Jepang yang sedang mengganggu" mulai menyebar. Aku dengar karena kamu akan segera pergi wamil, perusahaan memberikanmu jadwal padat sebelum saatnya kamu pergi. Karena kamu bilang aku adalah perempuan baik yang pantas untuk dinikahi di masa depan dan lain-lain, aku membuat kesimpulan untuk menyuruhmu bekerja dengan baik karena aku yang akan menyesuaikan frekuensi bertemu dan mengontak.

Tapi sejak saat itu kamu mulai aneh. Karena aku terus minum obat (kontrol kehamilan), tiba-tiba kamu menggunakan kondom yang bahkan tidak pernah kita aku larang atau suruh untuk pakai. Tapi karena kamu mengeluarkannya bahkan tanpa aku suruh, aku bertanya kenapa tapi kamu hanya menjawab "Ya gak papa". Guys, ini pertama kalinya aku bertemu dengan laki-laki yang bodoh seperti ini kkk
Ah ada juga ini. Kamu bertanya apakah aku sudah memakan hadian ramen jepang yang dikirim. Jika aku mulai curiga kamu akan marah dan bilang "Itu cerita lama bagaimana bisa ingat"...
Kamu pernah bilang kan kalau aku terlalu sempurna dan tidak bercela jadi itu membuatmu merasa terbebani. Tentu saja kkk Karena aku ini pintar dan cepat tanggap, pasti sulit untuk menyembunyikan hal dariku kk kamu sudah bekerja keras kkk
Saat perjalanan bisnis ke Jepang, meskipun aku memesan hotel yang sama dengan uangku sendiri, kamu terus keluar selama 10 menit. Ah karena ㅇㅎㅇ dikenalkan oleh membermu sendiri, pasti kamu tidak bisa bilang ke mereka kalau ada pacar "lain" yang datang. Ah, karena sekarang kamu telah membuang pacar Jepangmu, nanti kamu pasti akan membawa pacar Korea mu ke perjalanan bisnis ke Jepang ya? Apa yang kamu pikirkan tentang penggemar yang mengeluarkan uang untuk datang?
Aku hanya terus menerima barang kesukaanmu atau barang yang dibelikan dari Jepang tanpa terima kasih. Kamu juga terus ingkar janji dan tidak sopan. Sekarang mau jadi orang seperti apa kamu ini.

Oleh karena itu, setelah aku bertemu dengan mantan pacarmu aku jadi tahu tentang ㅇㅎㅇ, dan meskipun menakutkan, ceritanya sangat cocok denganmu. Juga, ㅇㅎㅇ dulunya adalah seorang trainee dan kamu dikenalkan oleh member ONEUS, tapi dia benar-benar seorang jalang gila. Dia terus mengancam mantan pacar itu melalui SNS, membuat banyak akun untuk menulis komentar kebencian, menyebarkan informasi pribadi seperti nomer HP dll, memanfaatkan keluarga KYJ (nama asli Ravn) memanggilnya untuk bertengkar, stalking, dsb. Bahkan menyebarkan rumor secara kriminal, apakah benar ini kelakuan seorang pacar idol, semuanya?
Meski para penggemar sudah tahu, profile akun IGnya adalah kucing hitam dan profile KAKAOTALKnya adalah pikachu.. oh iya, aku dengar dia juga membuat akun untuk berpura-pura jadi penggemar dan memberi komentar "Sekarang dia berkencan dengan orang itu (namanya sendiri)" kkk kamu sangat hebat. Di akun publik kamu terus melakukan lovestagram, kamu sengaja agar ketahuan kan? Aku menontonnya dengan asik kk nggak tapi hey YJ (nama asli Ravn), kamu bilang kepadaku untuk tidak bilang ke siapa-siapa karena kamu adalah seorang selebriti kan? Ngelawak ya. Kalian berdua sangat bodoh dan cocok dengan satu sama lain kk
Juga, sepertinya ㅇㅎㅇ sampai memanfaatkan keluarga. Apapun yang dikatakan mantan pacarmu, ibumu dan kakak perempuanmu terus bilang "YJ kami tidak akan melakukan hal seperti itu" terus memihakmu dan memercayaimu sampai akhir... bagaimana perasaan keluargamu jika melihat ini.. hatiku sakit..

ㅇㅎㅇ juga, jika memang sungguh-sungguh menyukainya kenapa dia tidak sadar telah menimbulkan masalah? Apakah alasannya adalah dia hanya ingin membanggakan diri karena berpacaran dengan idol? Apakah kamu ingin membanggakan diri berpacaran dengan anak yang bahkan tidak terkenal? Agak menyedihkan ya. Karena aku sungguh menghormati pekerjaanmu (Ravn), meski aku tidak bisa memperkenalkanmu ke orang sekitar, aku mencoba paham dan menahannya. Setelah aku pikir sekarang, itu semua hanya lah gaslighting.
Meskipun aku sangat tulus bersalah terhadap para penggemar, tapi karena aku juga orang yang paham betapa pentingnya penggemar, sebagai manner terbaik aku berusaha untuk menyembunyikan dan tidak berkata apa pun. Jika terus begini, ㅇㅎㅇ akan mengusik orang-orang sekitar. Karena mantan pacarnya terus bilang "bagaimanapun juga aku ingin menghancurkan unnie itu" dan karena hanya masalah waktu kapan masalah akan datang padaku, jadi aku pikir jika ini terus berlanjut maka semua orang akan dalam bahaya.

Di saat-saat terakhir, aku memanggilmu karena jika memang ada alasannya aku ingin mengampunimu dan ingin mendengar kebenarannya dari mulutmu sendiri, tetapi sampai akhir kamu terus denial dan mengatakan bahwa ㅇㅎㅇ hanya lah seorang teman. Karena ketiganya hanya lah teman jadi bisa saja bertemu, bagaimana kamu menggunakan mantan pacarmu dan mengatakan bahwa hanya teman, apakah kamu ini tinggal dalam negeri dongeng? Tidak lupa dengan bahasa kasar yang kamu lontarkan tentang mantan pacarmu "Aku sangat membencinya hingga ingin mati", "aku ingin menikamnya dengan pisau dan berhenti jadi penyanyi", "aku membuatnya mengasingkan diri selamanya", dsb. Tentu saja kamu hanya mengatakan karanganmu atau hal yang berkebalikan saja. Oleh karena itu, jika aku putus bukankah kamu juga akan mengatakan aku seperti itu ke orang-orang sekitarmu? Aku jadi khawatir dan takut. Aku pura-pura percaya saat itu karena takut, setelah orang itu keluar, aku kembali mengungkit katamu sendiri jika ㅇㅎㅇ adalah seorang teman kita bertiga bisa bertemu dan mengajakmu melakukannya tetapi kamu marah besar sambil menyudutkanku selama lebih dari 10 menit. Padahal aku hanya bertanya kebenarannya karena aku sudah punya semua bukti perselingkuhan, tetapi aku malah kena ancam sendiri saat kamu berkata "Apakah kamu sedang mengancamku?" Kk "Aku sekarang sudah tidak punya perasaan lagi ke kamu", "Aku bahkan tidak menyukaimu, jangan lagi kamu menghubungi", "Jika kamu menghubungi lagi, aku tidak segan meminta menggunakan perusahaan untuk mengurusmu".... emm orang yang dengan sempurna mengancam adalah kamu, apakah kamu bodoh? Juga, sebagaimana paniknya kamu, orang macam apa yang bisa mengatakan kalimat separah itu ke perempuan yang pernah dia sukai....
Apakah kamu akan baik-baik saja? Jika kamu memutuskanku dengan cara seperti ini itu akan membahayakanmu. Ini adalah kalimat yang aku sampaikan karena aku menyukaimu dan khawatir. Aku mencoba mendekatinya dengan kata-kata, tetapi dia tiba-tiba memutuskan percakapan di tengah. Itu adalah akhir bagi kita.

Kamu membuangku begitu saja tanpa menghubungiku sama sekali, karena aku takut untuk bertemu saat terakhir hubungan kita, aku memintamu untuk mengirimkan kunci cadangan rumahku tetapi kamu malah diam-diam menyelinap masuk... aku pura-pura tidak tahu tapi tolong lah kalau bodoh jangan diambil semua. Ini adalah perilaku menyelinap masuk secara ilegal.. ah apakah kamu tidak paham hukum karena kamu tidak kuliah? Dia atau pun ㅇㅎㅇ, keduanya orang gila jadi apa pun yang orang katakan aku takut hingga ingin mati. Semuanya, apakah kalian tahu rasa takut di mana seorang laki-laki masuk rumah di pagi hari karena di pagi hari yang aku pikir aman karena itu waktu orang-orang sedang tidur??

Dia secara sepihak membuangku seperti itu. Setelahnya, karena dia menghubungi dengan nomer yang tidak ku ketahui, aku jadi takut. Saat aku mencoba menambahkannya sebagai teman di kakaotalk, karena aku adalah penggamar idol yang masih muda jadi aku menghubunginya lagi, dia menerimanya tapi tidak mengatakan apa pun dan hanya terdengar suara gerakan terus menerus saja tanpa memutusnya. Siapa pun yang mendengarnya akan curiga. Aku terus merasa takut setiap hari jikalau dia lagi-lagi masuk ke rumah atau aku akan mendapat ancaman seperti mantan pacarnya dulu. Gara-gara kamu aku ganti nomer HP dan pindah rumah. Tiap saat aku takut. Aku terkena depresi akibat trauma setelah penghianatan yang kamh lakukan dan sekarang hidup dengan minum obat. Padahal kamu dulu bilang bahwa kamu menghargai dan menyukai sisiku yang bekerja keras di negara orang meskipun sendiri. Bagaimana kamu akan bertanggungjawab setelah menghancurkannya?

Aku menulis ini agar tidak ada korban lagi. Juga, ini adalah cara terakhir bagiku untuk menyampaikan harapanku untuk seorang oppa yang jauh lebih tua dariku agar menjadi orang yang benar. Hingga akhir, aku ingin hadir sebagai orang yang baik dan menyelamatkanmu. Aku hanya ingin melihatmu yang masih belum dewasa tumbuh. Jadi aku pura-pura bodoh dan percaya dan mau dibodohi. Terlebih aku kecewa denganmu yang hingga detik akhir tidak bisa memberikan penjelasan dan pernyataan maaf.
Sejujurnya, selain ㅇㅎㅇ ada banyak perempuan yang muncul. Harus kah aku menyebutkan nama-nama idol perempuan yang keluar dari mulutmu? Itu akan ramai kk ya kan kamu adalah orang yang akan berbicara dengan perempuan dan memberikan kontak dengan alasan "karena satu salon"... episode selanjutnya biarkan ditulis oleh wanita lain saja.
Sungguh terakhir kalinya, kamu kan pernah bilang akan menantikan aku menjadi seorang Kepala/CEO yang terkenal. Aku juga sedang menulis ini sambil berharap bahwa kamu akan jadi seorang artist yang siapapun melihat wajahnya akan mengenalmu dan siapa pun yang mendengar akan tahu kamu artist lagu terkenal. Ya meskipun sekarang kamu bahkan tidak akan bisa mermusik maupun menjadi idol lagi...
Karena aku dulu sangat mencintaimu, berkat aku, aku harap kamu bisa merefleksikan diri, menjadi orang yang benar, dan suatu saat aku harap kamu bisa bahagia. Terima kasih untuk selama ini. Aku tidak pernah menyesal bertemu denganmu. Aku sangat mencintaimu (past tense).

(Aku akan mencoba memposting foto atau pun video yang tadinya aku simpan bak kenangan sendiri untuk dibagikan kepada semua orang agar mereka tahu seberapa sampahnya kamu)

sumber:

Secara singkat:
1. OP (warga negara Jepang) mengenal Raven saat ONEUS memiliki jadwal di Jepang awal tahun 2020 melalui one night stand. Keduanya juga sempat bertemu ketika OP ke Korea pada tahun yang sama
2. Karena pandemi berlangsung, OP dan Raven tidak bisa bertemu namun tetap saling menghubungi satu sama lain
3. Tahun 2022, akhirnya OP bisa ke Korea dan (sepertinya) menetap. Saat itu lah OP mulai resmi berkencan dengan Raven
4. Namun, OP menemukan kejanggalan selama berpacaran dengan Raven. OP mendapatkan laporan dari mantan pacar Raven (sebut saja B) bahwa Raven mengencani ㅇㅎㅇ (warga negara Korea) selama OP dan Raven tidak bisa bertemu di mana menurut kesaksian orang sekitar ㅇㅎㅇ dikenalkan member ONEUS akhir 2020 dan hingga detik-detik terakhir terus menjalin hubungan dengan keduanya. ㅇㅎㅇ sendiri merupakan seorang yang meneror B dan kerap melakukan lovestagram dengan Raven
5. Raven membenci B dan berulang kali mengatakannya ke OP menggunakan kalimat kasar/abusive
6. Saat OP ingin meminta kejujuran dari Raven, Raven terus berkelit dan pada akhirnya memutuskan hubungan secara sepihak dengan OP dan mengancam OP akan dilaporkan ke perusahaan

Setelah menceritakan sudut pandangnya, OP mulai mengunggah bukti-bukti yang tersisa terkait hubungan mereka

1. Ulang tahun Raven tahun ini
2. Gantungan kunci couple
ayo buka ini bareng-bareng!! Hehe -
Setelah aku pulang nanti aku mau masak -

- Apa itu?
- Oke hehehe
- Juga, masak lah nanti kita makan bareng

Gantungan kunci..? Aku juga gak tahu sih -
Karena ini random jadi aku pikir bakal asik -
Aku sangat suka~~? Oke.

3. Rekaman CCTV intercall pintu apartment OP

Bukti perselingkuhan melakui lovestagram ㅇㅎㅇ:

Setelah memberikan bukti perselingkuhan, OP juga memberikan bukti rekaman suara yang diduga milik Raven ONEUS

Sumber: https://twitter.com/oAKjan3BvAJjqld/status/1580889077355642881?t=T3JmjPCLssSjpbsjtdDqMA&s=19

Setelah terjerat kasus tersebut, netizen mulai menyadari perilaku Raven saat memberikan update melalui bubble. Idol tersebut kerap kali memberikan kode untuk dibelikan barang dengan memberitahukan detail ukuran baju yang ia kenakan berdasarkan brand.

Untuk terjemahan selengkapnya terkait respon netizen mengenai perilakunya di bubble silahkan kunjungi halaman berikut:


Meski telah mengeluarkan pernyataan resmi, RBW selaku agensi yang menaungi ONEUS dan juga MAMAMOO mengatakan bahwa pihak mereka masih berusaha mengonfirmasi kebenaran cerita yang beredar
sumber: soompi

———

Pada 17 Oktober waktu setempat, RBW kembali dengan pernyataan resmi kedua. Umumkan pengehentian sementara aktivitas RAVN serta akan melakukan penyelidikan untuk menentukan kebenaran informasi yang beredar.


[OFFICIAL] Pemberitahuan Terkait ONEUS Ravn

Halo ini RBW.

Pertama kami ingin berterimakasih secara tulus terhadap para penggemar yang telah memberikan banyak cinta kepada grup ONEUS. Kemudian, kami ingin menyampaikan pemberitahuan terkait isu kehidupan pribadi member Ravn yang sedang beredar di sosial media.

Kami sedang memeriksa kebenaran kasus dengan seksama, dan oleh karena itu kami berencana menghentikan sementara aktivitas Ravn selama pemeriksaan berlangsung. Untuk selanjutnya, seluruh jadwal mendatang ONEUS akan dilakukan dalam formasi 5 member.

Apabila kami mendapati bahwa tuduhan yang beredar merupakan tuduhan tanpa bukti akurat dan informasi palsu, kami akan merespon secara keras melalui hukum yang berlaku. Selain itu, kami telah mengonfirmasi bahwa postingan terkait tidak ada hubungan sama sekali dengan member ONEUS yang lain.

Kami meminta maaf sedalam-dalamnya terhadap para penggemar yang telah dibuat terkejut atas berita yang mendadak ini. Kami akan melakukan yang terbaik untuk memeriksa kebenaran yang ada secara hati-hati.

Terima kasih.