Halo, saya Lee Sungsoo (Chris Lee) CEO SM Entertainment.

Kemarin, nampaknya para penggemar, artist, pemegang saham, serta seluruh staff eksekutif dan karyawan (SM) menerima shock karena perilisan presentasi part 1.
Oleh karena itu, saya ingin meminta maaf terlbih dahulu karena menimbulkan kekhawatiran.

Akan tetapi, presentasi ini bukan hanya sekedar presentasi yang bertujuan untuk membeberkan fakta sebenarnya.
(Presentasi) ini juga merupakan pengingat sekali lagi bagi kita ke mana arah SM akan berjalan, suara apakah yang harus kita dengar dan percaya, serta sebuah resolusi untuk dimulainya awal yang baru.

Kalau begitu, saya akan memulai presentasi hari ini.

Guru Lee Sooman. Di presentasi hari ini, saya akan meninggalkan panggilan ‘guru’ lagi. Sekali lagi, saya mohon pengertiannya.

9_ Lee Sooman + HYBE = M&A oposisi

Saya akan melontarkan beberapa pertanyaan berikut kepada HYBE.

1. Bukankah M&A artinya melawan dengan HYBE yang membeli saham mayoritas dan melakukan pembelian tender secara terbuka tanpa berkonsultasi sama sekali dengan direksi dan manajemen SM?

2. Bukankah M&A artinya melawan dengan Lee Sooman yang merekomendasikan 7 kandidat direktur internal di mana di dalamnya terdapat 3 insider HYBE melalui saran pemegang saham?

3. Kesepakatan senilai 1 triliun won tanpa pengecekan menyeluruh. Bukan kah itu merupakan tipikel M&A oposisi?

Saya akan bertanya lagi.

4. Melalui pers, (HYBE) mengatakan akan memperkenalkan kebijakan mendistribusikan dividen kurang 30% dari net profit.
      HYBE belum pernah sama sekali membagikan dividen tunai semenjak didirikan, berapa presentase net profit yang akan HYBE bagikan kepada pemegang saham tahun ini?

5. Melalui proposalr pemegang saham, anda menyuruh kami memisahkan CEO kami dari ketua dewan direksi, dan memilih ketua dewan dari orang yang bukan direktur internal.
Siapakah ketua dewan direksi HYBE yang sekarang? Apakah beliau dari direktur eksternal?

6. Melalui proposal pemegang saham, anda menyuruh kami untuk memperkenalkan pemungutan suara elektronik melalui perubahan anggaran dasar kami. Apakah HYBE (juga) memperkenalkan pemungutan 
suara elektronik melalui anggaran dasar?

HYBE memberikan proposal pemegang saham melalui Lee Sooman.
Anda mengatakan akan menghormati brand dan IP SM. Anda juga dengan bangga mengumumkanbahwa anda tidak akan menyertakan kreator dan produser dengan pengalaman hiburan sebagai
kandidat direksi.

Identitas perusahaan tidak dibuat hanya oleh IP. SM adalah perusahaan terbuka, dan pemegang sahamadalah pemiliknya.
Kami telah memutuskan dan menentukan untuk mengikuti kehendak pemegang saham kami, dan kami telah memulai perombakan besar-besaran di semua bidang, termasuk kontrol dan tata kelola yang transparan.
Kami telah membentuk badan penasehat global beserta sekelompok ahli hukum di mana sekarang kami tengah menjalani konsultasi, dan kami juga meningkatkan persiapan untuk membuka SM 3.0 yang
benar-benar baru. Secara internal, kami juga sedang meningkatkan persiapan untuk membuka SM 3.0 yang baru.

Kami sangat berterima kasih atas kekhawatirannya. Akan tetapi, kami merasa bahwa dengan merekomendasi tujuh (calon) direktur dan mengatakan bahwa anda akan mendukung manajemen independen SM tampaknya hanya dimaksudkan untuk menghapus SM dan menjadikannya anak
perusahaan HYBE.
Tolong percaya dan hormati kami sebagai pesaing dan kolega yang berniat baik yang memperluas pengaruh baik K-Pop di seluruh dunia.
Masih diragukan apakah industri K-Pop, yang hanya memiliki perusahaan besar bernama HYBE, merupakan masa depan bagi kita semua.

M&A Oposisi yang berjalan setelah (HYBE) menjabat tangan Lee Sooman, tolong akui sekarang juga.
SM tidak pernah meminta bantuan kepada HYBE sama sekali.

Meningkatkan tata kelola perusahaan dan meningkatkan nilai pemegang saham, kami sedang melakukannya sendiri dan kami dapat melakukannya.

HYBE sekarang adalah penyelamat Lee Sooman, bukan penyelamat SM.

Menurut saya, budaya tidak bisa dan tidak seharusnya dimonopoli.
Menghormati keragaman adalah semangat dasar dari industri budaya.

Tolong hentikan M&A opisisi yang sedang berlangsung agar (industri) K-Pop di Korea tidak dimonopoli.
Saya dengan tulus berharap anda akan bersaing dengan SM yang baru berubah menggunanakan cara baik, memperkenalkan K-Pop ke dunia, dan melakukan pekerjaan luar biasa dalam memperluas budaya.

Saya akan melakukan yang terbaik untuk memblokir upaya untuk mengambil alih SM, di mana hal ini juga tengah ditentang oleh anggota SM.

13_ Tolong hentikan obsesi dan keserakahan tersebut sekarang.

Guru. Anda mengatakan ini pada 1997 kan?

‘Jika kamu bermimpi sendirian, maka itu hanya akan menjadi sebuah mimpi. Tetapi, memimpikan satu impian bersama-sama, maka itu akan menjadi masa depan baru’

Ya. Benar.
Tempat ini, SM di sini adalah perusahaan yang diimpikan oleh para guru, semua artis, dan semua eksekutif serta karyawan kita.
Bukan perusahaan pribadi anda.

Perusahaan yang dibangun atas cinta para penggemar.
Ini adalah "perusahaan terdaftar" yang dilindungi dan dioperasikan oleh Hukum Komersial Korea, di mana 81,6% pemegang saham lainnya mempercayai dan berinvestasi pada kita.

Guru. Kemarin melalui pers,
Anda berkata,
“Saya telah melihatnya sejak dia berusia empat tahun sebagai keponakan dari istrinya yang telah wafat. Dia bergabung dengan perusahaan pada usia 20 dan bergabung dengan saya. Dia adalah pria baik yang
dibesarkan dalam keluarga Kristen dimana ayahnya adalah seorang pendeta. Sakit hati ini”
begitu kan?

Pertama, saya tidak bisa menjaga wasiat yang ditinggalkan oleh almarhum bibi saya, "Tolong lindungi guru, dua anak laki-laki, dan perusahaan."
Saya selalu merasa menyesal kepada bibi. Setidaknya sekarang saya harus memperbaiknya, guru.
Sebagaimana yang anda katakan kemarin, anak seorang pendeta yang dihormati secara tulus dan tumbuh dalam keluarga kristiani yang meski tidak kaya-raya namun bahagia, anak ‘baik’ itu, saya harus menghentikan langkah guru sekarang.

Guru. Tolong berhenti sekarang.
Sekarang, bersama saya, mari berlutut dan meminta pengampunan dengan semua orang.
Saya ingin anda tahu bahwa ini adalah satu-satunya cara bagi saya seorang murid untuk menyelamatkan anda, guru saya dari “Lembah Neraka”.
Sekarang keluar dari sana, larilah dari kerumunan kasim tersebut, lewati lah kwangya anda, dan pulihkan
keluarga anda lagi.
Dan "Be Humble, Be Kind, Be the Love" yang selalu anda serukan, saya akan berdoa bersama agar anda dapat mempraktikannya selama sisa hidup anda.


= Kata Penutup =


Kepada seluruh artist!

Terima kasih atas semangat serta dukungan yang telah anda sekalian kirimkan secara pribadi.
Sekarang, yang ingin saya sampaikan adalah supaya anda tidak terjebak dalam kekacauan saat ini.
Pikirkan nilai-nilai anda sebagai artis dan para penggemar yang menunggu anda saja.
Kami akan bertanggung jawab atas masa depan SM bersama para artis.

Kepada seluruh penggemar!

Saya telah membaca seluruh pesan dan DM yang para penggemar kirimkan ke saya. Dalam beberapa hari ke depan, saya akan mengumumkan komitmen/janji perusahaan demi artis dan penggemar. Saya telah berjanji dari tahun lalu bukan? Bahwa saya akan menyampaikannya secepatnya (yang ini tidak ada di skrip atau deskripsi video youtube tapi dikatakan langsung di video)
Sekarang, (kami) akan menunjukkan SM 3.0 yang telah berubah.
Kami dengan tulus meminta seruan dan dukungan anda. Kami juga akan selalu menyambut teguran keras.

Kepada seluruh pemegang saham!

Harga saham SM, yang telah lama diremehkan, baru-baru ini naik.
Tentunya, itu juga benar bahwa harga saham telah naik lebih jauh karena penawaran tender sebesar 120.000 won.
Akan tetapi, tapi ini baru permulaan. Sekarang SM berada di garis awal perubahan besar.
Dimulai dengan transisi ke (sistem) multi-producing terpusat dan sistem multi-label, bagian pertama dari SM 3.0, kami akan mengumumkan secara terbuka berbagai langkah peningkatan nilai pemegang saham,
termasuk perubahan besar dalam strategi monetisasi IP, perluasan bisnis global, dan strategi pertumbuhan melalui investasi dalam bulan Februari.
Saya akan memastikan untuk membuktikan dari hasil bahwa nilai intrinsik SM jauh lebih besar daripada nilai yang dievaluasi pasar saat ini.
(Kami) akan membuat (para pemegang saham) dapat mempercayai dan mendukung perusahaan bahkan setelah bulan Maret.

Terakhir, kepada seluruh eksekutif dan karyawan SM yang tercinta!

Saya merefleksikan diri atas ketidak mampuan saya dalam menjalankan peran CEO perusahaan terdaftar di masa lalu.
Meskipun telah diberi wewenang untuk menjalankan posisi CEO, saya tidak bisa menghentikan keserakahan serta kediktatoran Guru Lee Sooman.
Kepada 25 orang dari total 26 direktur/eksekutif pusat yang telah mendukung co-CEO! Karyawan SM yang telah memutuskan untuk tetap tinggal di Seoul Forest untuk melindungi SM serta Plink Blood dengan menolak M&A oposisi HYBE!
Seluruh orang-orang SM saya rasa akhir-akhir ini hatinya tidak merasa nyaman, oleh karena itu saya meminta maaf dan menyesal.
Ini telah diperkirakan akan menjadi jalan yang sulit, tetapi sekali lagi terima kasih telah mendukung dan mengkhawatirkan kami hingga akhir.
Saya akan pergi bersama kalian tidak peduli apa yang akan terjadi setelah hari ini.


Ya, saya memang CEO dari keponakan seorang istri. Saya memang baik. Dan saya memang salah.
Tetapi, saya memberanikan diri untuk mencegah kesalahan yang lebih besar.

Di akhir rapat pemegang saham reguler di bulan Maret, saya akan mengundurkan diri dari posisi CEO dan direktur terdaftar dan menjadi Baek Uijong (kiasan.. Baek Uijong adalah tentara yang dihukum karena kesalahannya sehingga harus perang tanpa memiliki jabatan apa pun di Era Joseon). Jika semua anggota mengizinkan, saya akan kembali ke pekerjaan utama saya di bagian musik, dan bekerja keras untuk SM lagi.

Semuanya. Tolong beri banyak dukungan untuk semua anggota SM sampai akhir.
Terima kasih banyak telah mendengarkan presentasi yang sulit ini hingga akhir.