Halo. Ini SM Entertainment.

Baru-baru ini, terkait dengan permintaan pihak Byun Baekhyun, Kim Jongdae, dan Kim Minseok (setelah ini disebut 'ketiga artis') untuk menyerahkan salinan rincian pembayaran, perusahaan akan menyampaikan keputusan setelah melakukan beberapa tahap auditing.

1. Rincian Pembayaran merupakan informasi bersifat rahasia yang tidak boleh dilihat bocor ke pihak ketiga.

- Pada kasus (rincian pembayaran milik) grup, dibutuhkan penanganan ekstra karena di sana juga terdapat informasi milik member lain

Dalam rincian pembayaran, terdapat berbagai informasi seperti histori aktivitas masing-masing artis, suku bayar serta metode pembayaran, uang muka, dsb. Oleh karena itu ini merupakan informasi bersifat rahasia antara perusahaan dan para artis yang tidak boleh bocor ke kompetitor atau pihak ketiga lainnya. Selain itu, dalam kasus grup yang terdiri dari beberapa member, informasi member lain juga dapat bocor, dan juga beberapa bagian mungkin konfiden dan memerlukan kepercayaan tersendiri.

Mulanya, perusahaan selalu memberikan kesempatan kepada para artis di bawah naungan agar dapat melihat histori pembayaran. Bahkan, ada para artis yang memberikan pertanyaan dan keberatan atau bahkan meminta penjelasan lebih lanjut terkait histori pembayaran. Tiap saat seperti, perusahaan telah memberikan penjelasan yang cukup kepada pihak terkait.

2. Argumen perwakilan ketiga artis.

- Diam ketika ditanyai apakah ada intervensi pihak ketiga atau sejenisnya serta ketika diminta untuk memastikan kerahasiaan, dan hanya terus mengulangi permintaan salinan

- Pernyataan resmi melalui media di bagian yang mengatakan tidak ada intervensi pihak ketiga

Karena hal-hal tersebut, dalam situasi di mana kami terus mendapatkan laporan adanya intervensi pihak ketiga, kami khawatir ada tujuan terselebung yang tidak fair karena mereka terus menerus meminta untuk harus mendapatkan salinan bahkan hingga membatalkab kontrak eksklusif, meski perwakilan ketiga artis telah diberikan kesempatan untuk datang ke perusahaan agar bisa mereview rincian pembayaran dan mengajukan keberatan.

Karena kekhawatiran yang timbul ini, ketika perusahaan mendapatkan permintaab untuk memberikan salinan kepada ketiga artis, perusahaan terus mengulangi pertanyaan " Apakah ketiga artis tersebut pernah menandatangani kontrak ganda dengan pihak ketiga yang bertentangan dengan kontrak baru?" dan "Apakah perwakilan hukum hanya mewakilin ketiga artis tersebut (atau ada yang lain)?", akan tetapi faktanya memang perwakilan hukum ketiga artis tidak menjawab apa-apa terkait pertanyaan ini.

Beberapa waktu belakangan, perwakikan dari ketiga artis mengatakan bahwa tidak ada intervensi pihak ketiga dalam tindakan ketiga artis, atau bahwa permintaan untuk penyediaan salinan rincian pembayaran semata-mata merupakan hak yang sah dari tiga artis.

Perusahaan memiliki kekhawatiran yang sangat tinggi akan apakah benar memang tidak ada intervensi pihak ketiga dan apakah kami secara internal dapat mempercayai perwakilan ketiga artis terlepas bagaimana kami telah mendengar informasi dan keterangan (dari orang lain).

3. Keputusan perusahaan yang dibuat demi EXO.

- Keputusan untuk menyediakan salinan rincian pembayaran dengan syarat persetujuan anggota EXO atau bahwa ketiga seniman dan perwakilan hukumnya tidak menggunakannya untuk tujuan yang tidak adil.

- Akan berusaha semaksimal mungkin agar tidak ada halangan terhadap kegiatan EXO.

Akan tetapi, melalui proses auditing mendalam, perusahaan telah memastikan bahwa ketika artis dan perwakilannya tidak akan menggunakan salinan rincian pembayaran untuk maksud tidak fair selain hanya untuk direview, sehingga kami memutuskan unthk memberikan salinan rincian pembayaran kepada ketiga artis. Lebih lanjut, setelah menjelaskan situasinya, kami telah meminta persetujuan serta pengertian dari para member EXO kecuali ketiga artis tersebut, agar dapat memberikan salinan rincian pembayaran.

Melalui langkah-langkah ini, kami berharap cinta dan kepedulian kami kepada seluruh member EXO dan penggemar yang menghargai EXO dapat tersampaikan.

Terkait masalah yang timbul oleh ketiga artis tersebut, berbagai berita terkait perusahaan terus beredar, akan tetapi perusahaan secara spesifik tidak membantahnya satu persatu. Akan tetapi, kami berpendapat secara tegas bahwa membatalkan kontrak hanya dengan pemberitahuan sepihak yang tidak memiliki bukti kuat. Lebih lanjut, terkait dengab pihak ketiga berkuasa maupun perwakilan ketiga artis yang telah memberikan nasihat yang salah dan terlepas bagaimana mereka memegang tanggung jawab hukum dan etik, perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk berunding agar terus dapat bersama dengan ketiga artis yang kami hargai tersebut. Perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin agar aktivitas EXO yang telah dinantikan oleh para penggemar tidak menemui hambatan.

Terima kasih.