Halo. Ini SM Entertainment.

Pada hari Jumat ini, perwakilan dari Byun Baekhyun, Kim Jongdae, dan Kim Minseok (setelah ini disebut artis) telah memberi tahu perusahaan mengenai pembatalan kontrak mereka, oleh karena itu kami ingin menyampaikan posisi resmi kami.

Pertama-tama, EXO merupakan artis yang sangat berharga bagi perusahaan. Oleh karena itu, kami telah menaikkan suku pembayaran para artis sebanyak dua kali bahkan saat kontrak eksklusif yang ada sedang berlaku. Para artis telah dibayar selama bertahun-tahun dalam kondisi di mana rincian pembayaran secara umum dapat dicek kapan saja dan mereka tidak pernah menyatakan keberatan sebelumnya selama proses pembayaran. Bahkan saat mendiskusikan penandatanganan kontrak baru selama berakhirnya kontrak eksklusif yang ada, ketiga artis, Byun Baekhyun, Kim Jongdae, dan Kim Minseok secara valid menandatangani kontrak eksklusif yang baru dan tidak ada permasalahan terkait isi pembayaran sema sekali dalam prosesnya.

Akan tetapi, tiba-tiba kuasa hukum yang mewakili artis mengatakan bahwa mereka tidak bisa menerima kontrak eksklusif yang baru dan kami mulai mendengar informasi bahwa ada pihak berkuasa eksternal yang sedang menggoyahkan para artis. Meskipun perusahaan merasa sangat bingung, untuk menghargai permintaan artis kami yang berharga, kami mau menandatangani perjanjian. Akan tetapi, kami meminta agar (mereka) menjamin bahwa tidak ada kontrak ganda yang melanggar kontrak eksklusif tersebut. Kemudian perwakilan para artis yang tadinya menyarankan untuk menandatangani perjanjian terlebih dahulu berubah sikap dan memberitahu kami bahwa mereka ingin berhenti mendiskusikan penandatanganan perjanjian dan secara sepihak membatalkan kontrak eksklusif tanpa penjelasan apa pun.

1. Transparansi proses pembayaran

- Pembayaran dilakukan tiap bulan dan rinciannya dapat dibaca setiap saat

- Para artis tidak pernah memiliki masalah terkait pembayaran

- Meskipun itu adalah data pembayaran yang dapat dilihat setiap saat, hal ini dijadikan sebagai alasan untuk membatalkan kontrak dengan cara meminta "salinannya" untuk tujuan lain.

Pertama, kami ingin menjelaskan secara spesifik bahwa argumen para artis yang menyatakan bahwa rincian pembayaran tidak pernah diberikan secara benar adalah sama sekali tidak benar. Perusahaan telah menyelesaikan pembayaran dua kali setahun sebelum revisi UU Pengembangan Industri Budaya dan Seni Populer dan setiap bulan setelah revisi UU. Selain itu, mengenai rincian pembayaran, kami telah bekerjasama dengan para artis yang ingin melihat data tersebut kapan pun mereka mau dengan mengunjungi kantor serta rincian mengenai pengeluaran juga telah diberikan secara terpisah tiap kali kunjungan. Dan para artis tidak pernah menyatakan keberatan terkait metode pembayaran tersebut selama beberapa tahun kontrak eksklusif berlangsung. Akan tetapi, seperti apa yang telah kami sampaikan sebelumnya, kami menerima informasi bahwa ada pihak luar berkuasa yang mendekati artis kami dan menyebarkan rumor palsu sembari membujuk mereka untuk mengabaikan kontrak eksklusif dengan kami dan menyarankan bahwa itu tidak masalah untuk menandatangani kontrak eksklusif dengan mereka. Dengan kata lain, perusahaan tidak punya pilihan selain mencurigai bahwa ada maksud tidak adil/baik dari pihak berkuasa luar di balik tindakan para artis yang menyuarakan permasalahan pembayaran atau meminta kami untuk memberikan salinan rincian pembayaran.

Maka dari itu, perusahaan telah menjelaskan berkali-kali bahwa para artis akan didampingi oleh para ahli seperti perwakilan hukum atau akuntan dll untuk membaca seluruh rincian pembayaran yang telah dibaca maupun yang ingin dibaca lagi kapan pun itu. Kami juga secara penuh menjelaskan kepada para artis maupun perwakilan hukum bahwa alasan mengapa kami hanya mengijinkan untuk membaca (tanpa memberi salinan) akhir-akhir ini adalah karena kekhawatiran kami apabila dokumen tersebut akan diberikan kepada pihak ketiga seperti pihak berkuasa luar, dsb. Mereka bahkan tidak merespon pertanyaan dasar seperti apakan mereka telah menandatangani kontrak ganda atau berdiskusi dengan pihak luar berkuasa, tapi hanya berulang kali mengatakan bahwa mereka tidak ada pilihan selain mengakhiri kontrak eksklusif dengan alasan kami tidak memberikan 'salinan rincian pembayaran'.

Sebagai perusahaan, memberikan salinan rincian pembayaran para artis kepada pihak berkuasa luar merupakan masalah yang tidak bisa kami diamkan saja, contohnya apabila rincian pembayaran didapatkan pihak berkuasa luar, maka member EXO selain ketiga member tersebut dapat dirugikan. Oleh karena itu, perusahaan bertanya untuk mengonfirmasi apakah ada kontrak ganda antara para artis tersebur dengan pihak berkuasa luar, tetapi perwakilan hukum artis tersebut bukannya menjawab malah mengirimkan surat resmi untuk membatalkan kontrak eksklusif sesegera mungkin.

2. Kontrak eksklusif lama + legitimasi serta validasi kontrak eksklusif baru

- Merupakan kontrak sesuai standar kontrak eksklusif

- Jangka waktu kontrak serta validitas & legitimasinya juga diakui oleh Mahkamah Agung

- Untuk kontrak eksklusif yang ditandatangani pada 30 Desember 2022, kontrak tersebut merupakan kontrak detail yang telah diselesaikan melalui konsultasi dengan pengacara firma hukum besar para member.

Yang kedua, kami akan menjelaskan validasi dan legitimasi kontrak eksklusif lama dan yang baru. Perusahaan kami telah secara tertib mengikuti standar kontrak eksklusif yang dianjurkan oleh Komisi Kadilan Usaha dan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata. Kontrak tersebut merupakan kontrak yang diakui keabsahannya oleh Mahkamah Agung dalam persidangan pengecekan efektivitas kontrak eksklusif melalui gugatan yang dilayangkan mantan member EXO Hwang Zitao. Meskipun demikian, perusahaan kami telah menandatangani 2 syarat tambahan dengan para member EXO lain dan para artis (CBX) untuk mengubah suku pembayaran di mana hal itu dilakukan sebagai langkah untuk mempromosikan pertumbuhan bersama perusahaan dan artis, meskipun tidak ada kewajiban secara kontrak.

Untuk klaim yang mengatakan bahwa kami melakukan pemaksaan, perusahaan telah memasrikab bahwa para artis tengah mendapatkan pendampingan yang cukup dab mereka bebas untuk memperbarui kontrak setelah melelui diskusi mendalam dengan kami. Bahkan, di antara grup naungan perusahaan, member dari SNSD dan F(x) telah menandatangani kontrak eksklusif dengan agensi lain. Khususnya, untuk kasus SNSD sendiri, meski setelah 3 membernya menandatangani kontrak eksklusif dengan perusahaan lain, kami masih tetap mempertahankan hubungan yang baik termasuk dengan merilis album dan perform di SMTOWN. Di sisi lain, ada beberapa kasus di mana (artis lain) telah berulangkali menandatangani kembali kontrak eksklusif setelah melalui pertimbangan yang hati-hati. Contohnya, TVXQ, Super Junior, dan banyak artis lain telah menandatangani kontrak eksklusif sebanyak dua kali.

Nyatanya, sebelum kontrak eksklusif lama berakhir, dalam kondisi tanpa dipaksa untuk memperbarui kontrak eksklusif, melalui bantuan dari pengacara firma hukum ternama, mereka telah menandatangani kontrak eksklusif setelah bernegosiasi dengan perusahaan. Perusahaan telah melakukan negosiasi panjang dengan para nember EXO selama 1 tahun 6 bulan dari Juni 2022 hingga akhir 2022 dan akhirnya pada 30 Desember 2022 ketujuh member memutuskan untuk memperbarui kontraknya. Dimulainya pembaruan kontrak tiap member berbeda dikarenakan perbedaan jadwal wamil, akan tetapi mengingat pentingnya tim EXO, para member dan juga perusahaan berdiskusi tentang pembaruan kontrak, dimulai dengan anggota yang kontraknya berakhir terlebih dahulu. Saat kami berdiskusi mengenai pembaruan kontrak, mulai April 2022 kami bernegosiasi bersama dengan pengacara dari firma hukum ternama yang mewakili member dan kami telah menemukan titik temu dari opini masing-masing. Khususnya selama kurang lebih sebulan dari pertengahan Nov 2022, sebanyak 8 perubahaan telah ditukarpikirkan dengan perwakilan member dan berdasarkan ketentuan kontrak eksklusif, kami telah menyelesaikan konsultasi bahkan hingga ke setiap kata yang cukup rinci. Meski begitu, perwakilan hukum yang baru saja ditunjuk oleh artis tersebut tiba-tiba mengubah posisinya dan mengklaim bahwa kontrak eksklusif baru tidak dapat diakui, di mana hal ini membuat kami sepenuhnya menduga bahwa informasi yang kami terima itu benar (bahwa ada pihak luar yang menghasut mereka untuk menandatangani kontrak ganda).

Melindungi EXO dan para penggemar yang telah memberikan cinta tak terbatas dan mendukung EXO merupakan tujuan besar kami. Untuk itu, Kami akan merespon keras pihak berkuasa eksternal yang sedang berusaha menghancurkan dan menggoyahkan tim dengan menyesatkan artis menggunakan godaan uang yang tidak baik, kata-kata manis, dan rumor tanpa dasar.

Terima kasih.