[EKSKLUSIF] EXO dijadwalkan shooting MV 'Anniversary ke-11' tanggal 2 besok...Apakah (comeback) full-group batal?


[Seoul Sports | Reporter Jeong Haeun] shooting MV full-group EXO batal, comeback perayaan 11th debut tidak bisa dilanjutkan.

Berdasarkan hasil interview Sports Seoul pada tanggal 1 hari ini, seluruh member EXO kecuali Kai yang baru-baru ini berangkat wamil, telah dijadwalkan pada tanggal 2 untuk melakukan shooting MV lagu baru mereka. Akan tetapi, setelah pemberitahuan penghentian kontrak eksklusif Baekhyun, Chen, dan Xiumin ke SM Entertainment (SM), (rencana) tersebut mau tidak mau harus ditahan sementara. Diketahui pula bahwa ternyata ada MV yang telah selesai direkam juga.

EXO yang merayakan debut ke-11 tahun ini juga telah memberikan kode mengenai comeback full-group tersebut dari awal tahun. Berdasarkan recana perilisan album perusahaan yang diumumkan SM baru-baru ini juga, EXO direncanakan akan merilis full-album ke-7 mereka pada kuarter 3 tahun ini.

Akan tetapi, karena member Kai yang tiba-tiba mendapatkan pemberitahuan untuk wamil baru-baru ini, ia akhirnya harus memulai wamil dan membuat comeback full-group tersebut sedikit alami hambatan. Akan tetapi, dengan beranjak keluarnya 3 member yang ada, aktivitas (grup) ke depannya pun menjadi tidak dapat terprediksi.

Kini hanya tersisa para penggemar yang telah menantikan comeback full-group EXO sejak lama yang harus menahab kekecewaan. EXO telah mempersiapkab comeback full-group setelah 5 tahun lamanya semenjak Baekhyun lepas tugas wamil pada Februari lalu. Pada bulan April lalu, mereka juga menggelar fanmeeting untuk merayakan anniversary ke-11. Saat itu, menunjukkan lagu yang belum dirilis berjudul 'Let Me In' dan mendapatkan penantian besar.

Akan tetapi, para penggemar juga tidak dapat menyembunyikan perasaan sedih mereka atas 'perpecahan' tiba-tiba EXO. Comeback EXO untuk sementara ini kemungkinan akan sulit terjadi karena konflik antara CBX yang mengklaim transparansi pembayaran dan pertanyaan terkait periode kontrak dengan SM Entertainment yang mengklaim keterlibatan kekuatan eksternal.

Di sisi lain, pihak kuasa hukum yang mewakili Baekhyun, Xiumin, dan Chen mengumumkan melalui press release bahwa ketiga member tersebut mengajukan pembatalan kontak kepada SM.

Pihak ketiga member berargumen bahwa, "Tak cukup dengan mencoba membuat artist melakukan kontrak jangka panjang 12~13 tahun, SM juga mencoba untuk mengklaim kontrak dengan periode waktu 17 atau 18 tahun dengan membuat artis menandatangani kontrak eksklusif tambahan. Ini adalah penyalahgunaan kekuasaan SM yang sangat tidak adil terhadap para artis."

SM memberikan petunjuk bahwa mereka akan merespon secara tegas. SM menekankan bahwa, "Kami akan merespon dengan keras pihak berkuasa eksternal yang sedang mencoba untuk menghancurkan dan mengganggu tim dengan menyesatkan artis menggunakan godaan uang yang tidak adil, ucapan manis, dan rumor tanpa dasar."